Media sosial adalah sebuah media
online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa
media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media
sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi
dialog interaktif.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet
yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang
memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page
pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan
berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan
Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast,
maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang
tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara
terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan
tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut
tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa
dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile
phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan
terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara
maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai
tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan
berita-berita.
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa
memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi,
radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak,
maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses
menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat
sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa
karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit,
menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai
model content lainnya.
Media sosial mempunyai ciri-ciri,
yaitu sebagai berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Pertumbuhan Media Sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa
memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi,
radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak,
maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses
menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat
sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa
karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan,
memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content
lainnya.
Peran dan
Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses
oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial
menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan
merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media
sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat
bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan
iklan TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan
dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :
- Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media
konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing
yang unggul.
- Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan
tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun
hubungan.
- Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau
secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu.
- Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah,
pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui
efektifitas promosi.
Jenis Media Sosial
Sosial media adalah suatu media
untuk interaksi sosial, sebagai superset melampaui komunikasi sosial. Yang
dimana diaktifkan dengan teknik komunikasi ubiquitously diakses dan terukur,
media sosial secara substansial mengubah cara komunikasi antara organisasi,
masyarakat, serta individu. Adapun jenis-jenis dari media sosial, sebagai
berikut :
- Collaborative projects kolaborasi proyek merupakan suatu media sosial yang dapat membuat konten dan dalam pembuatannya dapat diakses oleh khalayak secara global. Ada dua subkategori yang termasuk kedalam collaborative project dalam media sosial yakni Wiki adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks.
- Content communities atau konten masyarakat merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan seseorang baik itu secara jarak jauh maupun dekat yang dimana dalam content communities ini penggunanya dapat berbagi foto, video dengan orang yang dituju.
- Social networking sites atau situs jejaring sosial yang dimana merupakan situs yang dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya.
- Virtual game worlds atau permainan dunia virtual merupakan permainan multiplayer, yang dimana ratusan pemain secara simultan dapat didukung. Permainan dunia virtual adalah lingkungan tiga dimensi dimana pengguna dapat berinteraksi menggunakan avatar pribadinya.
- Virtual social worlds merupakan aplikasi yang mensimulasikan kehidupan nyata melalui internet. Virtual social worlds adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga dimensi dengan menggunakan avatar yang mirip dengan kehidupan nyata.
Kekurangan &
Kelebihan Jejaring Sosial
Keberadaan
situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi
dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih
murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial,
penyebaran informasi
dapat berlangsung secara cepat.Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan
interaksi interpersonal secara tatap
muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk
menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak,
kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak
mengakses internet.
Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung
membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan
terganggunya privasi seseorang
Social Networking
Pengertian situs jejaring sosial
yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari simpul-simpul (individu atau
organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs
berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia maya. Namun banyak hal lagi
yang dapat kita lakukan disini (situs jejaring sosial).
Macam-macam situs jejaring sosial yaitu :
Macam-macam situs jejaring sosial yaitu :
1. MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial
populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto,
musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.

2. Friendster
Friendster, yang ide penamaannya
berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana
seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya
untuk kemudian mendapatkan account di Friendster.
3. Hi5
Hi5 adalah salah satu situs jejaring
sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jejaring
sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia
(sebagian besar orang yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam
browser mereka.
4. Facebook

5. Twitter

6. Linked In
LinkedIn adalah situs web jaringan
sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional.
Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar,
meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut
jasanya.
7. FUPEI

8. Bebo

“Bebo” adalah kependekan dari “Blog early, blog often”.
9.Orkut
Situs jejaring sosial ini
dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan
dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak
manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap
kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten.
10. Yahoo! Meme

11. Koprol

13. Plurk
Plurk, pasti sudah banyak yang dengar dan
pakai jejaring sosial satu ini. Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk
sendiri sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk sendiri
merupakan akronim dari Peace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki keunikan
tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akan
memberikan reward kepada plurker (sebutan bagi user
plurk) yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan
jumlah response terhadap plurk yang di posting seseorang,
keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.
3 komentar:
Mantap gan artikelnay sangat memabntu :)
s.id/5DR
Benar-benar sangat bermanfaat deeh artikelnya sob, ditunggu artikel yang lainnya ya :)
Izin nyimak saja
http://goo.gl/iaxOaw
smm panel
Smm Panel
iş ilanları
instagram takipçi satın al
Hirdavatci Burada
beyazesyateknikservisi.com.tr
SERVİS
Tiktok jeton hilesi indir
Posting Komentar